Proposal Bussines Plan MALINGGA GROUP (GM)
MALINGGA GROUP
“AYAM GEPREK CREATIVE LINGGAU”
“DRINK HEALTHY ORI MIX MILK”
“KEMANGI CELLULAR”
MERINTIS USAHA MULAI
Mei 2018
Owner : Beliyansah
No Hp/Wa : +6281339472332
Email : billymalingga@gmail.com
FB : MALINGGA…
IG : AYAM GEPREK CREATIVE, LINGGAU
IG : ORIMIXMILK
I. RINGKASAN EKSEKUTIF (Executive Summary)
Sejarah singkat MALINGGA GROUP yaitu singkatan dari nama daerah “Muara Enim dan Lubuklinggau. Daerah tersebut adalah tanah kelahiran Bapak(Muara Enim) dan Ibu(Lubuklinggau).
MALINGGA GROUP adalah nama kelompok kecil usaha saya yang sedang dirintis:
1. Ayam Geprek Creative Linggau
2. ORI MIX MILK (Susu Sapi Murni)
3. KEMANGI CELLULAR
Ayam Geprek Creative Linggau adalah makanan khas indonesia “tradisonal food” berupa kreatifitas dari ayam yang sudah dibumbu dan di goreng dengan baluran gendum. Kemudian ayam tersebut di geprek dan diberi cabai sesuai level pedas yang diinginkan sebelum siap untuk disaji.
AGC Linggau disajikan bersama dengan sambal dan lalapan seperti: timun,kubis,dan daun kemangi. Selain Ayam Geprek ada juga nasi goreng,lele goreng, bebek goreng, dan tahu + tempe.
Ori Mix Milk (OMM) “Susu Sapi Murni” dan Ice Blanded dengan berbagai varian rasa”Cappucino,vanilla,mocca,nut fe,chococino,coklat,strawberry,lemon tea,green tea,the tarik,melon,cocopandan,leci,grape, dan madu.
OMM adalah minuman sehat yang bahan bakunya dari susu sapi murni + steril, untuk dilubuklinggau sendiri produk yang saya jual belum banyak terlihat karena di lubuklinggau khususnya tidak ada bahan baku tersebut… Timbul sebuah pertanyaan..? bagaimana saya mengolahnya ..? jawaban: RAHASIA PERUSAHAAN hhee nanti kita ulas saat presentasi ya kakanda/ayunda.
KEMANGI CELLULAR adalah depot konter yang menjual pulsa dan kuota internet juga jasa lainya seperti bayar tagihan listrik,pdam,tiket, dan agen pendaftaran pengemudi GRAB ojek online.
Semua unit usaha itu bisa berdiri tak lepas adalah berkah dari jualan sayuran “DAUN KEMANGI”. Sudah kurang lebih 8 tahun saya keliling jualan sayuran kemangi tersebut ke rumah makan-rumah makan dan pecel lele di kota lubuklinggau, dimulai saat saya SMP kelas III Sampai sekarang. Dan perlahan mulailah usaha itu saya rintis satu persatu, mudah-mudah han usaha saya tetap berdiri dan dapat menjadi lebih besar dengan berbagai unit usaha lain dibawah naungan MALINGGA GROUP Amin. Alhamdulillah saya yakini ini adalah berkat rakhmat Allah yang maha kuasa dan do’a orang tua yang terbaik untuk anaknya Amin Allahhuma Amin.
II. BISNIS
a. Konsep Bisnis
Tiga unit usaha MALINGGA GROUP yang sedang berjalan merupakan “mixed methods” kombinasi kreatifitas usaha yang saling terhubung satu sama lain. Ide itu muncul karena pertama sekali saya membuka warung makan Ayam Geprek, beberapa pelanggan itu sering menanyakan ada minuman apa saja..? dan ada jual pulsa nggak di depan..? tentunya model/konsep bisnis yang dilakukan saat ini sangat jarang sekali khususnya di kota lubuklinggau. Namun saya tetap tawaduk karena semua kehendak Allah SWT dan itu semua berjalan berdasarkan kebutuhan pelanggan.
· Rencana jangka pendek yang sudah terealisasi:
1. Ayam Geprek Creative Linggau sudah menjalin kerjasama (MOU) dengan GRAB Food Indonesia yang berkantor cabang di linggau lippo plaza kota lubuklinggau, jadi pelanggan dapat melakukan pemesanan (Cash Order Delivery) melalui Aplikasi GRAB pada menu GRAB Food. Pembelian dapat dilakukan satu paket bersamaan dengan ORI MIX MILK yaitu minuman sehat dari susu sapi murni dan streril dengan berbagai varian rasa dan juga minuman ICE BLANDED juga dengan berbagai varian rasa plus harga yang terjangkau.
2. Kemangi Cellular juga sudah menjalin kerjasama dengan Manajemen Aplikasi KUDO melalui salesnya yang ada di kota lubuklinggau untuk dapat menjadi AGENT pendaftaran pengemudi GRAB Bike dan GRAB Car, serta penambahan saldo bagi konsumen GRAB Indonesia.
· Rencana Jangka Menengah
1. Ayam Geprek Creative Linggau, akan membuka cabang-cabang baru di kota lubuklinggau. Guna meningkatkan produksi dan pendapatan. Tentunya akan berefek pada bertambahnya jumlah karyawan kerja dan secara tidak langsung walaupun kecil akan berguna bagi orang lain dan membantu sedikit keluarga,orang lain yang belum mempunyai pekerjaan.
2. ORI MIX MILK dan ICE BLANDED, juga akan membuat beberapa gerobak (Target Awal 3 Gerobak ES) untuk di tempat kan pada posisi yang strategis, misalnya di komplek Sekolah, Tempat Tongkrongan, dan keramaian di kota lubuklinggau.
3. Kemangi Cellular, juga akan membuat depot baru (Target Awal 1 Depot baru) untuk di tempatkan pada posisi-posisi strategis di kota lubuklinggau.
· Rencana Jangka Panjang
1. Ayam Geprek Creative Linggau, berusaha agar dapat membuka cabang baru di wilayah terdekat/sekitar khusnya di bumi silampari ( Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Utara).
2. ORI MIX MILK dan ICE BLANDED, kedepan kalau ada rezeki dan mudah-mudahan mendapat peluang untuk dapat membuat sebuah caffe rakyat karena produk dan konsep penjulannya sama seperti caffe rakyat namun hanya berbeda sedikit saya sekarang masih gerobak jalanan.
3. Kemangi Cellular, planing jangka panjang Kemangi Cellular dapat mempunyai gerai handphone sendiri dan menjadi agent di kota lubuklinggau khusus untuk barang elektronik dan agent penjualan paket data internet all operator.
Tentunya semua itu haruslah dilalui dengan konsisten dan perjuangan yang ekstra tapi YAKUSA yakin usaha sampai adalah spirit yang harus tetap tertanam dalam diri kader Himpunan Mahasiswa Islam. Dan insyaAllah dengan perjuangan bisnis ini saya yakin akan dapat menjadi lebih baik kedepan dan dapat berguna bagi umat bangsa dan negara sesuai tujuan dan cita cita luhur Himpunan Mahasiswa Islam.
b. Produk
Dari tiga unit usaha MALINGGA GROUP tentunya banyak produk yang di tawarkan untuk itu akan saya jelaskan di bawah ini:
1. Ayam Geprek Creative Linggau, Menu :
No
|
Menu
|
Harga
|
1.
|
Nasi Ayam_Geprek
|
Rp 10.000;
|
2.
|
Nasi Goreng
|
Rp 10.000;
|
3.
|
Pecel_Lele
|
Rp 12.000;
|
4.
|
Pecel Ayam
|
Rp 15.000;
|
5.
|
Pecel Bebek
|
Rp 25.000;
|
2. Ori Mix Milk dan Ice Blanded
No
|
Menu
|
Harga
|
1.
|
Original Milk
|
Rp 10.000;
|
2.
|
Milk Madu
|
Rp 15.000;
|
3.
|
Milk cappucino
Milk mocca
Milk vanilla
Milk cocopandan
Milk leci
Milk melon
Milk grape
|
Rp 12.000;
|
1.
|
Ice Blanded
Cappucino
Moccacino
Vanilla
Nut fe
Coklat
Chococino
Strawberry
…...........
Lemon tea
The tarik
Green tea
Ori oreo
Milo
|
Rp 5.000;
Rp 7 .000;
|
2. Kemangi Cellular
No
|
Produk Provider
|
Harga
|
Keterangan
|
1.
|
Telkomsel
|
Tidak Bisa ditentukan
(Harga naik turun)
|
Menjual pulsa dan paket internet
|
2.
|
Xl
|
Tidak Bisa ditentukan
(Harga naik turun)
|
Menjual pulsa dan paket internet
|
3.
|
Tri
|
Tidak Bisa ditentukan
(Harga naik turun)
|
Menjual pulsa dan paket internet
|
4.
|
Axis
|
Tidak Bisa ditentukan
(Harga naik turun)
|
Menjual pulsa dan paket internet
|
5.
|
Smart Fren
|
Tidak Bisa ditentukan
(Harga naik turun)
|
Paket internet
|
6.
|
IM 3
|
Tidak Bisa ditentukan
(Harga naik turun)
|
Menjual pulsa dan paket internet
|
Jasa lainya di Kemangi Cellular:
1. Token Listrik
2. PDAM
3. Tiket
4. Isi Ulang Kuota Data Internet
5. Pengisian Saldo GRAB
6. Agent Pendaftaran Pengemudi GRAB
III. PASAR
MALINGGA GROUP mempertimbangkan pangsa pasar masyarakat yaitu perubahan gaya hidup dan kebutuhan:
Uraian yang pertama, urban life style gaya hidup masyarakat sekarang sudah bergeser dari dulunya hanya sebatas kebutuhan skunder”keinginan saja” sekarang sudah menjadi konsumtif dan menjadi kebutuhan pokok. Misalnya:
è Masyarakat sekarang lebih memilih makan diluar daripada makan masakan di rumah dan bahkan layanan COD menjadi sasaran karena keinginan makan makanan dengan berbagai selera yang bisa mereka pesan kapan saja.
è Kebutuhan masyarakat akan internet, sekarang sudah menjadi sangat konsumtif bahkan data eksperimen yang saya dapat dari sharing bersama teman-teman tenyata anak sekolah yang biasa kos lebih memilih beli kuota internet dari pada membeli beras. Alasanya dengan kuota internet mereka dapat berkomunikasi dengan temannya untuk sekedar akses untuk numpang makan. Dan disisi lain mereka dapat ber silaturahmi, tentunya harapan saya kegiatan tersebut bersifat positif.
IV. STRATEGI PEMASARAN
è MALINGGA GROUP, untuk menarik minat konsumen sudah mendaftarkan fasilitas WIFI (dalam proses) kepada sales indi home fiber optik sebagai service layanan akses internet gratis untuk konsumen.
è MALINGGA GROUP, sudah menjalin kerjasama “MOU” dengan GRAB FOOD Indonesia kantor cabang lubuklinggau untuk layanan COD” Cash Order Delivery.
è MALINGGA GROUP, juga mengajarkan kepada karyawan (karyawanya saat ini keluarga sendiri bibik,adek dan ayuk) untuk ramah kepada setiap konsumen dan tempat harus bersih dan rapi.
V. PELANGGAN
Pelanggan, mayoritas adalah anak sekolah,pegawai negeri/swasta dan masyarakat yang sedang jalan-jalan, karena tempatnya strategis terletak di jalan poros komplek wisata tongkrongan masyarakat kota lubuklinggau dan dekat dengan komplek pendidikan, pemerintahan serta rumah sakit.
VI. PERSAINGAN
MALINGGA GROUP, yakin memang banyak pesaing disekitar, dan antisipasi nya adalah dengan layanan/service yang baik terhadap konsumen dan update informasi-informasi penting terhadap peluang untuk kemajuan usaha.
VII. MANAJEMEN
Tidak ada manajemen struktural yang begitu spesifik dalam mengelola usaha ini dan lebih mengedepankan:
1. Propesionalitas
2. Disiplin waktu dan kerja
3. Etos kerja yang baik
4. Layanan ramah terhadap pelanggan
5. Komunikasi yang baik owner dan sesama karyawan
Dan tidak menutup kemungkinan kedepanya apabila MALINGGA GROUP menjadi perusahaan yang maju maka manajemen organisasi secara struktural akan diterapkan fungsinya secara baik dan menyeluruh.
VIII. PROYEKSI KEUANGAN
Modal
Biaya sewa tempat per tahun
|
Rp 2.400.000;
|
Biaya Pembuatan Tempat
|
Rp 2.500.000;
|
Biaya Peralatan
|
Rp 5.000.000;
|
Produk
|
Rp. 5.000.000;
|
Lain-Lain
|
Rp 1.000.000;
|
Penjualan
Asumsi penjualan tahap awal kemarin masih sedikit karena masih memperkenalkan usaha (tahap promo) dan Alhamdulillah progres itu meningkat sedikit demi sedikit.
Produk mix
Pelanggan yang makan Ayam Geprek sangat sering langsung memesan minuman Ori Mix Milk ataupun Ice Blanded. Dan juga ada beberapa yang melakukan pengisian pulsa dll.
Gaji
Karyawan MALINGGA GROUP saat ini masih menggajinya per minggu dan juga ada yang perhari, karena mengingat pendapatan yang belum stabil dan menentu dikarenakan masih tahap awal baru berdiri kurang lebih 3 bulan.
HARAPAN MENGIKUTI
BUSSINES PLAN COMPETITION
YANG DISELENGGARAKAN OLEH PB HMI BIDANG KEWIRAUSAHAAN DAN UMKM PERIODE 2018-2020
Alhamdulillah, PB HMI menyelenggarakan kompetisi ini, dan semoga di ikuti oleh bidang-bidang yang lain. Harapan saya yang terbesar adalah dapat bersilaturahmi saling berbagi dan bekerjasama dengan kawan sehimpun secita di Himpunan Mahasiswa Islam ini.
Banyak kendala yang saya hadapi saat memulai usaha ini bukan perkara mudah untuk tetap dapat eksis dan bertahan, salah satu hambatanya adalah biaya tapi saya yakin dan tetap optimis dengan selogan “CREATIVE” kata-kata creative mempunyai makna yang mendalam bahwa segala sesuatunya itu dapat dikelolah dan dapat membantu kita untuk mewujudkan tujuan kita “ ada usaha tidak ada uang jalan, ada uang tidak ada usaha maka tidak akan jalan”.
Dalam menjalankan usaha tidak boleh ada rasa gengsi dan malu karena pekerjaan kita rendah dilihat oleh teman-teman. Konsisten terhadap nilai yang positif harus tetap dipertahankan.
Harapan saya selanjutnya kalau usaha ini dapat di suport oleh kawan-kawan di HMI juga KAHMI saya akan dapat terbantu dan InsyaAllah akan maju maka saya dapat melanjutkan kembali kuliah saya yang saat ini sedang tertunda. Do’a terbaik saya agar dapat membahagikan keluarga kecil saya yaitu bapak,ibuk,dan adik. Juga dapat bermanfaat untuk orang banyak dan juga himpunan tercinta ini Amin.
Comments
Post a Comment